Contoh Teks Prosedur Kompleks Beserta Struktur Dan Kaidahnya

Contoh Teks Prosedur Kompleks bisa membantu untuk menunjukkan seperti apa tahap dan langkah dalam menyusun teks prosedur kompleks. Teks prosedur kompleks adalah teks yang digunakan untuk menyusun apapun secara berurutan, termasuk menyusun kegiatan atau aktivitas tertentu.

Secara umum, teks prosedur adalah teks yang fleksibel. Hal ini adalah alasan mengapa teks seperti ini mudah dibuat, sebab tidak ada batasan-batasan hal yang paten. Berbicara tentang struktur, setiap teks prosedur pasti memiliki struktur yang akan membantu supaya dapat disusun dengan baik dan benar. Teks prosedr juga memiliki struktur pembuatan dan penyusunan dalam teksnya.

Mengetahui tentang bagaimana struktur dalam teks prosedur adalah hal yang sangat penting dalam pembuatannya. Dalam strukturnya, terdapat tiga bagian. Bagian pertama adalah tujuan, kemudian bagian kedua adalah material. Sedangkan bagian ketiga adalah langkah-langkah.

Tak jauh beda dengan teks lainnya, teks prosedur kompleks memiliki beberapa ciri yang dapat membedakannya dengan teks lainnya. Misalnya, teks seperti ini dapat ditulis dengan kalimat perintah, menggunakan kata kerja aktif, dan juga menggunakan kata penghubung. Tak seidkit teks prosedur kompleks juga disusun dengan menggunakan kata keterangan seperti tempat dan waktu.

Contoh teks prosedur kompleks

Contoh Teks Prosedur Komplek Membuat Makanan

Tentu saja, ada langkah-langkah ketika memasak makanan. Berikut ini adalah contoh teks prosedur kompleks membuat minuman:

Cara Memasak Telur Mata Sapi

Bahan-bahan:

1. Siapkan 1 buah telur

2. Garam secukupnya

3. Mentega atau minyak goreng secukupnya

Alat:

1. Kompor

2. Penggorengan, contohnya wajan juga Teflon

3. Spatula

4. Piring

Langkah Membuat:

1. Nyalakan api dengan kondisi sedang.

2. Letakkan wajan dan teflon.

3. Masukkan mentega, biarkan sampai meleleh dan panas.

4. Pecahkan telur, lalu tuang isi telur ke telfon. Taburkan garam secukupnya.

5. Supaya telur matang dengan sempurna, balik telur. Gunakan spatula untuk melakukannya.

6. Bila telur sudah matang, angkat, kemudian tiriskan sebentar supaya minyak dapat menghilang. Kemudian, letakkan di atas piring.

7. Telur mata sapi siap dihidangkan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan membuat tulisan teks prosedur kompleks tentang membuat makanan? Kamu juga bisa mencoba menulis resep yang lainnya sebagai contoh teks prosedur.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Minuman

Selanjutnya, kamu juga dapat belajar menulis teks prosedur tentang bagaimana membuat minuman. Sama seperti menulis tentang makanan tertentu, saat menulis tentang minuman, maka kamu harus sudah paham tentang apa saja langkah-langkah dalam menyajikan minuman tersebut. Berikut adalah cara menulis membuat minuman yang benar.

Cara Membuat Teh Seduh

Bahan-bahan:

1. 1 Teh kantong celup

2. Gula secukupnya

3. Air hangat

Alat-alat:

1. Gelas 1 buah

2. Sendok

Cara Membuat:

1. Masukkan air hangat sesuai dengan takaran yang diinginkan.

2. Celukan satu kantong teh celup dalam gelas yang sudah berisi air hangat.

3. Masukkan gula secukupnya sampai larut.

4. Hidangkan teh selagi hangat.

Dengan demikian, kamu sudah tahu tentang apa itu teks prosedur kompleks, bagaimana strukturnya dan seperti apa penggunaan atau kaidahnya. Dengan mempelajari contoh teks prosedur kompleks di atas, kamu bisa mencoba mempraktekkan sendiri bagaimana menulis teks seperti ini. Tentu, setelah mempelajari contoh di atas, tidak akan sulit bukan? Selain mempelajari tentang teks prosedur kompleks di positingan kali ini, kamu juga belajar beberapa materi lainnya seperti cara menulis teks laporan hasil observasi.

-----

Leave a Reply

error: Ooppsss ... Hayoo ... Mau Ngapain