Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks laporan hasil observasi tentu akan sangat membantu menyusun laporan hasil observasi jadi lebih mudah. Ketika mendapatkan tugas untuk mengobservasi sebuah objek beserta strukturnya, mungkin kamu akan kebingungan bagaimana untuk memulai observasi tersebut dan apa saja yang akan kamu cantumkan didalam laporan. Agar kamu bisa menyelesaikan tugas dengan mudah, berikut kami cantumkan contoh teks laporan dan penjelasannya.

contoh teks laporan hasil observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut adalah contoh format teks laporan hasil observasi yang dapat kamu pelajari:

Judul: Manfaat Buah Pisang

Pendahuluan:

  • Sebutkan apa saja kandungan dalam buah pisang beserta manfaatnya.
  • Seperti apa latar belakang, misalnya keinginan meneliti hal tersebut
  • Sebutkan tujuan observasi dilakukan
  • Buatlah objek penelitian, rumusan masalah, metode penelitian, dan lainnya.

Isi:

  • Bahas tentang keberadaan buah pisang di Indonesia
  • Sebutkan kandungan gizi yang ada dalam buah pisang
  • Sebutkan manfaat buah pisang
  • Bagilah isi menjadi beberapa bab dan sub-bab untuk klasifikasi data. Subjudul pada setiap sub-bab juga dapat menunjukkan klasifikasi data.

Penutup:

  • Mengapa harus rajin makan pisang
  • Apa manfaat tubuh jika makan pisang setiap hari

Teks Laporan Hasil Observasi

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum menulis laporan hasil observasi adalah dengan memperhatikan beberapa komponen didalamnya, yaitu sebagai berikut:

  • Ciri Bahasa – Menggunakan bahasa formal, baku, jelas, baik, dan mudah dipahami.
  • Tujuan – Teks laporan hasil observasi yang dibuat harus menunjukkan tujuan yang jelas mengapa menyusun observasi tersebut. Hal ini dikarenakan hasil observasi adalah hasil penelitian yang bersisi narasi hasil pengamatan yang ada di lapangan. Kemudian, narasi tersebut akan dianalisis guna disimpulkan. Tujuannya juga untuk memberikan informasi terbaru dengan sudut pandang tertentu sehingga harus ditulis dengan rapih dan baik.
  • Struktur – Dalam strukturnya, teks laporan hasil observasi harus bersifat fleksibel. Hal ini dikarenakan format penulisan laporan yang akan dipengaruhi jenis penelitian yang dilaksanakan. Setiap teks laporan selalu dilengkapi dengan tiga struktur dasar yaitu pembuka, isi, dan juga penutup. Sedangkan dari berbagai referensi lainnya, laporan hasil observasi juga dapat disusun dengan dua bagian struktur, yaitu pernyataan umum serta aspek. Pernyataan umum adalah pembuka atau pengantar, sedangkan aspek adalah deskripsi dari objek yang sudah diobservasi.

Ketika hendak menyusun laporan observasi, kamu bisa membuatnya dengan beberapa langkah berikut:

  1. Cari ide – Ide adalah pondasi awal untuk menulis karya ilmiah. Pastikan jika ide yang kamu pikirkan akan memunculkan tema penelitian yang berhubungan dengan objek yang ingin kamu observasi.
  2. Rancangan – Membuat rancangan obsevasi sangat penting untuk membantu agar kamu dapat menyajikan hasil observasi secara gamblang dan jelas. Kamu akan membutuhkan instrumen seperti daftar pertanyaan, target data, atau kuisioner. Selain itu, kamu juga membutuhkan peralatan seperti recorder, kamera, alat tulis, dan lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan schedule juga.
  3. Observasi Lapangan – Dokumentasi atau pencatatan data perlu menggunakan peralatan yang sudah disiapkan. Saat melakukan observasi, sebaiknya tidak buru-buru agar dapat menggali data sebaik mungkin dengan wawancara, dan lainnya.
  4. Penarasian – Jika data sudah terkumpul semua, maka waktunya membuat teks laporan hasil dari observasi atau narasi dengan format yang baik.

Itulah informasi tentang bagaimana menyusun laporan observasi, beserta contoh teks laporan hasil observasi. Sekarang kamu sudah tahu bagaimana caranya mengerjakan teks laporan untuk hasil observasi yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu sudah dapat mencoba latiha membuat laporan observasi agar lebih mudah memahami materi tersebut.

Leave a Reply

error: Ooppsss ... Hayoo ... Mau Ngapain